Puskesmas Pematang Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

SERANG (suarasiber.co.id) – Bertepatan dengan Hari Lansia yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2021, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pematang, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten mencanangkan hari Vaksinasi Covid-19 terhadap Lansia yang dilaksanakan di Aula Puskesmas. Jum’at, 21/05/2021.

Kepala Puskesmas Pematang dr. Abdul Muis mengatakan mengingat peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan Vaksin dan pelaksanaan vaksinasi covid-19. Pelaksanaan vaksinasi terhadap para lansia yang usianya di atas 60 tahun ini pertama kali kita lakukan, kemudian pelaksanannya secara bertahap. Untuk vaksinasi yang pertama, lansia dari warga RW 05 dan RW 06 yaitu Perumahan Puri Pratama Cisait dan Perumahan Graha Cisait, untuk seterusnya akan diatur jadwal pelaksanaan vaksinasinya.

“Adapun, ketentuan yang warga harus penuhi untuk vaksin covid-19, warga harus memenuhi persyaratan. Yakni, membawa kartu identitas KTP, kondisi badan sehat, sarapan pagi terlebih dahulu, untuk punya penyakit Komorbid seperti Kencing Manis, Hypertensi, Stroke, dan lain sebagainya, di mohon membawa surat dokter, obat, hasil laboratorium atau dokumen lainnya”kata dr. Muis.

Selain itu, dr. Muis mengimbau kepada setiap ketua RW agar mendaftarkan warganya minimal 9 orang atau kelipatannya, sebab satu vial vaksin untuk 9 orang atau 10 orang, jadi jika yang di vaksin kurang dari 9 orang, nanti sisanya akan terbuang.

“Ada yang istimewa pada vaksinasi lansia yang perdana ini, kami mengadakan sistem antar jemput. Jadi para lansia yang mau di vaksin di jemput di rumahnya, setelah selesai diantar pulang, kita lakukan karena berkenaan dengan hari Lansia”jelasnya.

Sementara itu, Camat Kragilan Epon Anih Ratnasih saat meninjau vaksinasi para lansia di Puskesmas Pematang mengatakan, vaksinasi sudah berjalan sesuai dengan rencana.

“Tentang sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sudah disampaikan, karena sebelumnya juga sudah dilaksanakan vaksinasi, awalnya di empat puskesmas termasuk di Puskesmas Kragilan. Karena sekarang kebetulan bertepatan dengan hari lansia, maka kita canangkan, jadi ada gebyar secara serentak kabupaten dan semua puskesmas”jelas bu Epon.

Lanjut, Epon mengatakan terkait masyarakat yang tidak mau di vaksin karena alasan takut terjadi sesuatu hal, maka sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan, kita punya relawan tim covid-19 di RT/RW, juga melalui WA group dari Puskesmas, mulai dari posyandu sudah disampaikan juga edukasinya, kepada lansia yang menjadi sasaran, mengenai juumlah target masyarakat yang di vaksinasi sebetulnya tidak terbatas,

“Siapapun, yang datang tetap dilayani, kalau sekarang diprioritaskan untuk lansia, artinya bukan berarti yang usia belum lansia tidak dilayani. Tergantung warga yang datang dilayani sampai tanggal 29 mei ini, vaksin adalah upaya pencegahan dan pemutus rantai covid-19. Mudah – mudahan dengan vaksin ini akan cepat meningkatkan imun tubuh para lansia”harap Epon.

Di tempat yang sama, Ketua RW 05 Sukamto, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, terutama kepada pemerintah kecamatan kragilan juga kepada puskesmas pematang karena sudah memberikan informasi, mengedukasi dan memfasilitasi vaksinasi para warga lansia yang ada di RW 05.

*Jumlah warga RW 05 yang mendaftar untuk di vaksinasi ada 12 orang, namun ada beberapa orang yang batal dengan alasan takut, tetapi kita akan coba intuk memberikan pemahaman kembali tentang vaksin, nanti kita berikan edukasi lagi”kata Kamto. (Yudhi)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.