Walikota Madiun Resmikan RTH Taman Asri

Walikota Madiun Resmikan RTH Taman Asri

MADIUN – Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Madiun kini semakin asri. Ini setelah Wali Kota Madiun Maidi meresmikan RTH Taman Asri di Kelurahan Banjarejo, Sabtu (18/9). Maidi menyatakan, Kota Madiun saat ini memiliki 55 RTH yang sudah diperbaiki, termasuk yang diresmikan hari ini. Dia berharap keberadaan RTH bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang kehidupan. Apalagi di situasi pandemi ini, RTH bisa digunakan sebagai lokasi olahraga.

Sesuai namanya, RTH Taman Asri, ia meminta masyarakat ikut menjaga agar keberadaannya tetap asri. Pun bisa digunakan masyarakat untuk menanam aneka tanaman produktif sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

‘RTH harus bersih, jangan sampai kumuh. Taman yang baik ini dirawat. Ini tugas kita bersama utamanya warga di sekitar RTH Taman Asri ini. Seluruh RTH di Kota ini akan kita konsep sama. Ada space untuk menanam tanaman produktif. Selain bisa memenuhi kebutuhan sendiri kan juga bisa dipasarkan sampai supermarket,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disperkim Kota Madiun Totok Sugiarto menyatakan, keberadaan RTH di kota ini dikonsep ramah lingkungan. Pun dilengkapi fasilitas taman bermain anak, fasilitas olahraga, gazebo, aneka tanaman hias maupun pelindung sehingga membuat kualitas udara baik.

‘Yang pasti seluruh RTH itu memiliki fungsi lingkungan. Yakni resapan sekaligus menjaga kualitas udara di kawasan perkotaan. Seperti yang disampaikan pak walikota, harapan kita RTH ini dijaga dan dirawat dengan baik,’terangnya.

Adapun sebelum meresmikan RTH, wali kota bersama Ketua TP PKK Yuni Setyawati berkesempatan melakukan senam bersama lansia di Kelurahan Banjarejo. Dilanjutkan meninjau pelaksanaan rapid tes antigen massal bagi warga sekitar. Hasilnya seluruh warga negatif Covid-19.
Kemudian wali kota meninjau lapak yang memproduksi aneka jenis jajanan dan olahan tanaman produktif.

Selain itu, juga memetik sawi dan bayam di KRPL kompleks perumahan Taman Asri, Banjarejo. Di akhir kegiatan, wali kota juga memberikan sembako bagi warga setempat. (*)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.