Bupati Beserta Istri Ujicoba Bus Angkutan Wisata Gratis Baturraden Banyumas

Bupati Beserta Istri Ujicoba Bus Angkutan Wisata Gratis Baturraden Banyumas

KAB. BANYUMAS (suarasiber.co.id) – Bupati Banyumas Achmad Husein beserta istri didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani dan Kepala Dinas Perhubungan Agus Nur Hadie melakukan ujicoba Bus Pariwisata Gratis Rute Baturraden-Banyumas Sabtu (16/7/2021). Nantinya program angkutan wisata gratis akan beroperasi setiap hari libur Sabtu dan Minggu. Untuk ujicoba 2 bus, diberangkatkan dari Halaman Pendopo Sipanji Purwokerto menuju arah Baturraden.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan Bus Wisata akan melayani rute Baturraden – Banyumas dan kebalikan serta Banyumas – Baturraden. Kali ujicoba untuk menentukan waktu tempuh antar halte, jadi belum dilakukan launching setelah Banyumas.

Direncanakan terdapat 4 armada bus wisata gratis yang beroperasi, 2 start dari Baturraden, dan dua lagi start dari Banyumas.

“Jadi rencana ada 4 armada, dua dari Baturraden, 2 dari Banyumas, dari Baturraden ke Alun-Alun, museum BRI, Pangsar Soedirman, terus balik lagi mutar papringan kemudian Banyumas. Dari Banyumas pun sama, finishnya di Baturraden,” lanjutnya.

Saat ini masih ujicoba dan dalam tahap perencanaan, nantinya angkutan wisata gratis tersebut, akan didukung dengan aplikasi.

“Sementara memang sekarang masih dirancang, karena rencana kita nanti akan pakai aplikasi, tetapi karena sementara belum, jadi nanti juga akan ada titik-titik singgah dimana orang jika akan naik, cuma sekarang belum sampai kesitu pembahasannya,” tambahnya.

Selisih keberangkatan antar bus direncanakan 1 jam diantara masing-masing rute, untuk kapasitas, dibatasi 70 persen, dan penumpang wajib prokes.

“Selisihnya antar bus satu jam, dan nanti kapasitas juga 70 persen dan wajib prokes,” pungkasnya

Sementara itu, Bupati Achmad Husein mengatakan, bus wisata tersebut akan diluncurkan secara resmi setelah status Banyumas turun ke PPKM Level 2.

“Nunggu level 2. Ini baru kita uji coba dulu,” katanya.

Dia menjelaskan, Pemkab Banyumas berinisiatif menyediakan fasilitas bus wisata gratis ini untuk memberi kemudahan masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu, wisatawan juga lebih aman dan nyaman.

“Protokol kesehatan nanti ada edukasi di dalam bus. Tetap pakai masker ya. Kalau animo masyarakat meninggi, nanti akan kita tambah lagi,” kata dia. (Humas)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *