Bupati Banyumas Canangkan Bulan Dana PMI 2021, Target Rp 1,5 M

Bupati Banyumas Canangkan Bulan Dana PMI 2021, Target Rp 1,5 M

PURWOKERTO (suarasiber.co.id) – Bulan Dana PMI Banyumas tahun 2021 kembali dilaksanakan. Pencanangan bulan dana PMI dilaksanakan di Pendopo Sipanji, Senin (25/10/2021). Bulan dana PMI Kabupaten Banyumas tahun 2021 menargetkan bisa mengumpulkan dana sebesar Rp 1,5 miliar.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengajak kepada masyarakat Banyumas untuk berpartisipasi menyukseskan bulan dana PMI dengan menyisihkan dananya untuk kegiatan kemanusiaan.

‘Seperti tahun tahun lalu, kita mengumpulkan dana dari masyarakat untuk masyarakat, yang pengelolaannya dilakukan ooleh PMI. Dana ini sukerala sifatnya. Setelah dikumpulkan digunakan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana, baik bencana alam maupun bencana lainya. Unuk itu mari bersama-sama berbagi untuk masyarakat Banyumas,’ajak Bupati Banyumas.

Sekada Banyumas Wahyu Budi Saptono selaku Ketua Pelaksana Bulan Dana PMI Kabupaten Banyumas Tahun 2021 dalam laporannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Didi Rudwianto mengatakan penggalangan dana melalui kegiatan Bulan Dana PMI rutin dilaksanakan setiap tahun.

‘Dana yang berhasil dikumpulkan diserahkan ke PMI untuk kegiatan kemanusian seperti bencana alam atau bencana sosial. Waktu pelaksanaak mulai 25 Oktober – 31 Desember 2021. Target bulan dana PMI Banyumas 2021 dapat menggalang dana Rp 1,5 miliar,’ungkap Didi Rudwianto.

Didi mengatakan sasaran penggalangan dana adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, instansi vertikal, pegawai BUMN/BUMD dan lembaga swasta lain. Kemudian melalui RT/RW, wajib pajak kendaraan roda 2/4/6, loket pariwisata tapi tidak dipaksa serta masyarakat umum yang minat lewat QRIS atau transfer bulan dana.

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono menyampaikan optimistis target Rp 1,5 miliar untuk Bulan Dana PMI Kabupaten Banyumas bakal tercapai. Sebab kondisi saat ini seiring menurunnya kasus Covid-19, perekonomian sudah mulai bangkit.

‘Kalau tahun 2020 saat puncak pandemi Covid-19 bulan dana PMI Banyumas Rp bisa menggalang dana hingga Rp 1,37 miliar, maka tahun 2021 minimal bisa menggalang dana Rp 1,5 miliar. Semoga perolehan bulan dana PMI tahun ini dapat mencapai target dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah Kabupaten Banyumas,” tandas Sadewo yang juga Wakil Bupati Banyumas.

Sadewo mengatakan dana yang terkumpul melalui bulan dana PMI tersebut akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusian dan peningkatan kapasitas masyarakat seperti bakti sosial operasi katarak, kacamata gratis, khitanan massal, dan lain-lain juga penanganan bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, angin puting beliung, Kebakaran, dan lain-lain, baik Pra, saat maupun pasca bencana. Serta untuk pengembangan geneasi muda melalui PMR/KSR.

‘Dana yang terkumpul sebagian juga digunakan untuk percepatan penanganan Covid-19 (Vaksinasi Covid-19, spraying disinfektan, promosi dan edukasi) serta untuk operasional organisasi,” imbuhnya. (Humas/TA)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *