Bupati Lahat Lounching Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat)

Bupati Lahat Lounching Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat)

LAHAT (Suarasiber.co.id) –
Bupati Lahat,Cik Ujang.SH meresmikan sekaligus Lounching Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung KB yang bertempat di Desa Sinjar Bulan Kecamatan Gumay Ulu, Selasa (16/11/2021)

Pelaksana kegiatan Dinas DALDUK dan KB Kabupaten Lahat. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluargga Berencana H.Ujang Kurniawan melaporkan, dapur sehat atasi stunting (Dashat) secara Nasional diresmikan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo pada Agustus 2021 di Kabupaten Bogor. untuk Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Lahat yang pertama launching dashat.

“Program Dashat merupakan upaya pemenuhan gizi seimbang, yang harus dimiliki calon pengantin (catin), ibu hamil, ibu menyusui dan balita 2-5 tahun maupun balita stunting dari keluarga tidak mampu,” jelasnya

Sementara itu Bupati Lahat, Cik Ujang.SH menerangkan, perlu diketahui bahwasanya pencegahan stunting dengan mengembangkan dapur sehat atasi stunting (Dashat).

“Menjamin ketersediaan akses makanan sehat, bagi ibu hamil, menyusui dan balita serta keluarga beresiko stunting. Maka dari itu
Tujuan, mengatasi stunting di daerah, kurang gizi dan kronis di 1000 hari pertama kehidupan,” kata Cik Ujang

Dari pola makan itu sangat paling, dan juga gizi yang paling tinggi adalah ikan belut dan nila. Kepada Dinas Dalduk, PUPR, Dinkes dan Dinsos bisa membantu masyarakat mulai dari kondisi hamil dan gejala ketika melahirkan terlihat stunting.

” Maka untuk mendukung dan membantu Kabupaten Lahat keluar dari stunting. Maka dengan adanya lounching program dapur sehat atasi stunting ( DASHAT ). Stunting di Kabupaten Lahat di Tahun 2022 menurun.” terang Bupati Lahat

Kemudian juga usai meresmikan louncing dapur sehat atasi stunting ( DASHAT ) Bupati Lahat,Cik Ujang.SH didampingi Sekda Lahat Chandra.SH MM dan Jajaran OPD terkait meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi di tempat yang sama.(Iwan)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *