Desa Sudagaran Punya Sistem Informasi Desa, Jadi Percontohan

Desa Sudagaran Punya Sistem Informasi Desa, Jadi Percontohan

BANYUMAS (suarasiber.co.id) –
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono melaunching Sistem Informasi Desa Smart Village Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kamis (25/11/2021) di Pendopo Sipanji Purwokerto. Launching Sistem Informasi Desa Smart Village Desa Sudagaran ini dihadiri para asisten pemerintahan, rektor perguruan tinggi, kepala Bank Indonesia, kepala Bank Jateng, kepala OPD, dan perwakilan kepala desa di Kabupaten Banyumas.

Dengan adanya Sistem Informasi Desa (SID) ini menjadi suatu triger yang diharapkan nantinya seluruh desa dapat mengimplementasikan SID yang terintegrasi di Kabupaten Banyumas dan merupakan pintu gerbang informasi pelayanan publik Kabupaten Banyumas.

“Kami berharap Sistem Informasi Desa Smart Village Desa Sudagaran Kecamatan Banyumas ini menjadi stimulus digitalisasi pada pemerintah desa, meningkatkan transparansi dan komunikasi public serta terciptanya pelayanan prima pada pemerintah desa dan memberikan manfaat bagi masyarakat.” Kata Kepala Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas, Widarso.

SID Smart Village Desa Sudagaran ini merupakan aplikasi baru yang secara legal dan formal melalui kabupaten, dalam hal ini Desa Sudagaran ditunjuk sebagai pilot project yang mana bisa langsung mengakses data kependudukan di Catatan Sipil Banyumas. Layanan pada Sistem Informasi Desa Smart Village sudah mengimplementasikan tanda tangan digital yang merupakan pertama kali di Indonesia yang menggunakan tanda tangan digital pada pelayanan public di desa.

“Kita bisa akses data kependudukan di capil karena sudah jelas. Ini bisa memudahkan masyarakat, jadi masyarakat bisa membuat surat keterangan dari rumah saja. Kita juga mencoba edukasi mereka untuk bisa masuk ke aplikasi ini.” Jelas Kepala Desa Sudagaran, Hadi Mulyanto

Wakil Bupati Banyumas juga berharap semoga dengan adanya program ini, pelayanan di Desa Sudagaran akan berjalan lebih cepat, mudah, efektif, dan murah serta memuaskan warga masyarakat.

“Karena dalam hal ini, pemerintah desa adalah ujung tombak di masyarakat desanya,” kata Wabup
(Bernadetha Nadia Deni Ananda/pemkabbms/TA)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *