Pengendalian Inflasi, Pemkot Cilegon dengan BI Provinsi Banten Gelar Tanam Cabai Bersama

Pengendalian Inflasi, Pemkot Cilegon dengan BI Provinsi Banten Gelar Tanam Cabai Bersama

CILEGON, (suarasiber.co.id) – Dalam rangka Menjaga Ketahanan Pangan dan Pengendalian Inflasi di Kota Cilegon, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar acara Urban Farming Tanam Cabai Bersama yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) bertempat di KWT Kemuning PCI Blok E RW 07 Nirwana 21. Selasa, 15/11/2022.

Kegiatan dirangkaikan dengan Penandatangan MoU tentang Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Perwakilan Pedagang Cilegon dengan Distributor Mandiri Bawang Merah Kabupaten Brebes sebagai upaya dalam pengendalian inflasi di Kota Cilegon.

Walikota Cilegon Helldy Agustian menjelaskan GNPIP merupakan kelanjutan dari serangkaian pelaksanaan GNPIP di wilayah Provinsi Banten. Sebelumnya telah diawali Pencanangan GNPIP di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Kecamatan Walantaka, Kota Serang dan Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang.

“Gerakan ini menjadi salah satu upaya guna menunjukan kesiapan stok pangan secara umum di Provinsi Banten khususnya di Kota Cilegon menjelang akhir tahun. Urban Farming menjadi salah satu upaya untuk menguatkan sisi produksi pertanian guna menjaga kestabilan inflasi pangan,” jelas Helldy.

Saat ini, Pemerintah Kota Cilegon telah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota No 520/2266/KP/DKPP tentang Gerakan Tanam Cabai serta Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang diresmikan 31 Oktober 2022. Surat Edaran itu sebagai wujud nyata dan komitmen Pemkot Cilegon dalam melaksanakan GNPIP yang tengah digencarkan oleh Pemerintah.

“Mengimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk bertani. Guna menjaga ketahanan pangan,” tegas Helldy.

“Kota Cilegon telah mengalami deflasi sebesar 0.26%, berharap dorongan Bank Indonesia Perwakilan Banten dapat terus mendukung Urban Farming di Kota Cilegon,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Gunawan mengajak untuk bersama – sama mengendalikan Inflasi di Kota Cilegon. Ditandai dengan Penyerahan Bantuan Bibit Cabai Merah kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Kemuning sebanyak 1.000 bibit dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten.

“Serta Penyerahan Bantuan Hibah Uang Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) untuk 10 KWT, 3 KWT Penumbuhan dan 7 KWT Pengembangan. Dimana KWT Penumbuhan menerima bantuan sebesar Rp 50.000.000 dan KWT Pengembangan Rp 15.000.000 rupiah,” tutupnya. (Yudhi)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *