Basis Ekonomi Masyarakat, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Terus Giatkan UMKM dan Produk Lokal

Basis Ekonomi Masyarakat, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Terus Giatkan UMKM dan Produk Lokal

Banten, (suarasiber.co.id) Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Pemerintah Provinsi Banten terus menggiatkan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan produk lokal. UMKM terbukti tangguh sebagai basis dan tulang punggung ekonomi masyarakat.

“UMKM ini terus kita dorong untuk itu menjadi basis ekonomi kita. Karena kita tahu pasca pandemi bahkan pas pandemi, UMKM itu berjalan dengan baik, ini (UMKM) salah satu tulang punggung ekonomi kita,” ungkap Al Muktabar usai menghadiri Pembukaan Gebyar Expo UMKM Provinsi Banten dan Pameran Alutsista di Alun-Alun Kota Serang, Senin (26/12/2022).

Selanjutnya, Al Muktabar menuturkan pengembangan UMKM dan Produk Lokal menjadi salah satu amanat Pemerintah Pusat untuk dapat digiatkan oleh semua pihak, baik itu Pemerintah maupun masyarakat.

“Kita ketahui saat ini dilibatkan berbagai stakeholder, mulai dari BUMN dan swasta. Itu semua bertumpu di sini untuk mendorong dan menggiatkan ekonomi mikro dan menengah yang berbasiskan UMKM,” katanya.

Hal itu juga, kata Al Muktabar, merupakan kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak dalam mengembangkan UMKM. Sehingga dirinya berharap kegiatan tersebut dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Mudah-mudah ini bagian dari ikhtiar kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar menyampaikan beberapa perkembangan yang terjadi di Provinsi Banten dengan dorongan pengembangan UMKM. Di antaranya pengendalian laju inflasi, daya beli masyarakat, laju pertumbuhan ekonomi dan hal lainnya.

Sementara, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan kegiatan tersebut sebagai wujud kegiatan TNI dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Tentunya kegiatan ini juga dalam rangka ketahanan pangan, termasuk dalam rangka pemulihan ekonomi sesuai dengan perintah Presiden kepada saya untuk membantu Pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Jenderal Dudung juga mengungkapkan pihaknya akan terus membantu Pemerintah dengan berbagai kegiatan yang dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat. Diharapkan, dengan kegiatan tersebut dapat membantu dan menguatkan semangat masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Hal senada juga disampaikan Danrem 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna yang mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendukung pengembangan UMKM dan mengenalkan sejumlah produk lokal yang menjadi unggulan kepada masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya pameran ini diharapkan masyarakat Banten khususnya tahu bahwa kita memiliki produk unggulan,” katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Brigjen Tatang, pihaknya ke depan akan mencanangkan pembuatan sarana air dengan 1.000 sumur bor, 1.000 angkringan sebagai pengembangan UMKM, dan 10 embung untuk sektor pertanian.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Forkopimda Provinsi Banten, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat, Walikota Serang Syafrudin, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, Aster KSAD, Kasdam III Siliwangi, serta para tamu undangan lainnya.(*)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *