FHI 360-USAID MADANI Apresiasi Pemkab Serang Terkait Tata Kelola Keuangan Desa

FHI 360-USAID MADANI Apresiasi Pemkab Serang Terkait Tata Kelola Keuangan Desa

Family Health International (FHI) 360 dan USAID MADANI mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) atas keberhasilannya mengimplementasikan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang swakelola tipe 3 (SW3).

Apresiasi atas kerjasama Pemkab Serang bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Serang, tentang Survei Persepsi Tata Kelola Keuangan Desa. Survei dilakukan di 40 Desa, 29 kecamatan dengan 400 responden.

Hal itu terungkap saat pertemuan antara para Pelaksana Program USAID MADANI dan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Serang Rachmat Maulana di Aula Bappeda Litbang Setda Kabupaten Serang pada Selasa, 24 Januari 2023. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut penetapan Kabupaten Serang sebagai salah satu lokasi Mitra Program USAID MADANI.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Hans Antlov (Chief of Party (COP) USAID MADANI), Michele F Broemmelsiek, Business Unit (BU) Global Education, Employment, and Engagement (G3E) FHI 360, Muslih Amin (Senior Field Coordinator Banten), Heryadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Haryadi, dan perwakilan Tim program Mitra Utama PD Aisyiyah Kabupaten Serang.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Serang Rachmat Maulana mengungkapkan bahwa program USAID MADANI bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas pemerintah dan toleransi di masyarakat melalui penguatan peran masyarakat sipil di tingkat kabupaten dan kota di Indonesia, menuju tata kelola pemerintahan kolaboratif yang kuat untuk mencapai tujuan strategis pembangunan daerah.

”Hal ini merupakan sejarah di Kabupaten Serang bisa berkolaborasi dengan Organisasi Masyarakat. Ini adalah salah satu success story terkait SW 3, standar yang digunakan adalah standar international ,FHI -USAID. Dan kesuksesan tentang tata kelola Dana Desa Melalui SW 3 mulai dipelajari oleh kota/daerah lain,”ujarnya melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) pada Rabu, 25 Januari 2023.

Rachmat memastikan dengan memilih Ormas PD Aisyiyah untuk bekerjasama dalam mengimplementasikan program bukan tanpa pertimbangan. Sebab, kata dia, PD Aisyiyah memiliki rekam jejak yang baik di sisi pelaksana program berskala internasional. ”Yang lebih penting adalah legalitas kelembagaan serta syarat administratif yang dapat dipenuhi menjadi keyakinan tersendiri,”tandasnya.

Pada pertemuan yang berlangsung selama 1 jam tersebut ditutup dengan pemberian cindera mata kepada tamu berupa pakaian seragam khas Kabupaten Serang sebagai kenang kenangan persahabatan.(*)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *