Peran Penting KLHS dalam Mengawal Pembangunan Berkelanjutan di Pandeglang

Peran Penting KLHS dalam Mengawal Pembangunan Berkelanjutan di Pandeglang

PANDEGLANG,(suarasiber.co.id) – Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLHSRPJPD) memainkan peran penting dalam mengidentifikasi peluang dan risiko dampak dari pembangunan. KLHS ini menjadi alat penting dalam mengawasi pembangunan di Kabupaten Pandeglang.

“Walaupun sudah tersusun, kami perlu melibatkan diskusi publik sebelum menetapkannya agar KLHS ini menjadi panduan yang baik untuk 20 tahun ke depan,” kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita, dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) KLHS-RPJPD 2025-2045 secara virtual pada Rabu (1/11/2023).

Bupati Irna menjelaskan bahwa KLHS ini akan membantu menyesuaikan pembangunan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan lingkungan. Meskipun kebutuhan investasi di Pandeglang sangat penting saat ini, tetapi tetap harus memperhatikan dampak lingkungan.

“Kami harus memastikan bahwa pembangunan tidak merusak lingkungan, karena hal ini dapat menjadi sumber konflik di masa depan. Kami ingin mencegah dokumen ini menjadi sumber masalah, dan kami membutuhkan masukan dari semua pihak, termasuk akademisi, masyarakat, dan pengusaha, untuk menyusun dokumen ini dengan sebaik-baiknya,” tambah Bupati Irna.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, Ratu Tanti, menjelaskan bahwa FGD ini merupakan kelanjutan dari Kick Off sebelumnya. Setelah serangkaian tahapan ini, dokumen akan disahkan.

Pada FGD ini, diskusi dan pembahasan dilakukan untuk mendalami materi, tujuan, dan hasil kegiatan sebelumnya. Integrasi prinsip-prinsip pembangunan yang direkomendasikan dalam KLHS diharapkan akan memberikan kontribusi yang lebih baik untuk pembangunan.

Ratu Tanti juga menjelaskan bahwa KLHS memiliki dampak besar dalam mencegah penurunan kualitas lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta membantu mengatasi masalah lintas batas dan lintas sektoral, baik di tingkat kabupaten, provinsi, pusat, maupun lintas negara.

“KLHS ini akan membantu mengantisipasi dampak negatif terhadap lingkungan dari program pembangunan atau kegiatan ekonomi dengan lebih efektif,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Sekda Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta, para Assisten Daerah, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, organisasi masyarakat, akademisi, dan pelaku ekonomi.(Humas/Red)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *