Pj Gubernur Banten Al Muktabar Kenalkan Kain Tradisional Lewat Senam Sehat Kreasi Wastra Banten

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Kenalkan Kain Tradisional Lewat Senam Sehat Kreasi Wastra Banten

SERANG, (suarasiber.co.id) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengikuti Senam Sehat Kreasi Wastra Banten dalam kegiatan Pergelaran Wastra Banten Bangga Buatan Indonesia yang merupakan rangkaian HUT Provinsi Banten ke-23 di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jumat (17/11/2023). Kegiatan ini untuk memperkenalkan kain tradisional Provinsi Banten.

“Ini sangat mengesankan sekali. Saya juga kaget kreasinya luar biasa. Dan ini dikombinasikan dengan mengedepankan produk-produk dari Provinsi Banten,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar juga berharap kegiatan tersebut juga dapat menjadi sebuah langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten dalam mengenalkan wastra Banten.

“Mudah-mudahan kita mengombinasikan agenda ini dengan segala sistem nilai yang ada. Ini akan dilanjutkan dengan pergelaran Wastra Banten,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten Tine Al Muktabar menyampaikan kegiatan Pergelaran Wastra Banten bertujuan mengenalkan wastra yang ada di Provinsi Banten.

“Untuk mengenalkan wastra Banten untuk Indonesia. Jadi tadi saat senam kreasi juga kita menggunakan lagu Indonesia yang menggambarkan kita harus bersatu,” ujarnya.

Dikatakan, Kegiatan yang masih menjadi rangkaian HUT Provinsi Banten ke-23 itu juga bagian memperingati Hari Pahlawan. Sehingga memiliki makna yang sangat mendalam untuk mengenalkan Wastra Banten.

“Semua peserta menggunakan wastra dari seluruh Kabupaten/ Kota se-Provinsi Banten termasuk kain tenun dan batik,” katanya.

Selanjutnya, Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten itu juga berharap kegiatan Pergelaran Wastra Banten itu dapat dikenalkan kepada generasi muda. Lantaran wastra saat ini dapat dikemas dengan gaya modern

“Harapannya bahwa kita bisa menggunakan wastra itu tidak harus tampil secara tradisional, tetapi juga bisa dikemas dengan gaya modern oleh generasi Z atau milenial,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, salah satu anggota DWP Dinas Pertanian Provinsi Banten Neny Kurniyawati, menuturkan Senam Kreasi Wastra Banten sangat luar biasa. Terlebih hal itu dapat menjadi kegiatan untuk mengenalkan wastra yang ada di seluruh Provinsi Banten

“Ini kan senamnya dalam rangka pergelaran Wastra Banten, jadi senamnya agak beda. Ada yang menggunakan kostum kreasi dari tenun, batik Banten hingga batik Baduy yang dikreasikan sebagai selendang dan lainnya,” tuturnya.

“Seru banget dan ini para peserta sangat kreatif sekali,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemprov Banten bersama Dekranasda Provinsi Banten, TP PKK Provinsi Banten dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Banten menyelenggarakan Pergelaran Wastra Banten yang meliputi rangkaian kegiatan fashion show wastra Banten, lomba karya wastra yang dibuka untuk umum.

Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan workshop batik dan tenun Banten, lomba kreasi pangan lokal, gebyar UMKM binaan TP PKK dan DWP Provinsi Banten, pemeriksaan kesehatan serta bazzar pangan murah. (Biro Adpim Banten/Yudhi)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *