Program ATENSI, Dinsos Kota Tangerang Bagikan Ratusan Alat Bantu Penyandang Disabilitas

Program ATENSI, Dinsos Kota Tangerang Bagikan Ratusan Alat Bantu Penyandang Disabilitas

KOTA TANGERANG, (suarasiber.co.id) – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang memberikan alat bantu bagi penyandang disabilitas di Kota Tangerang. Terdapat 100 penerima manfaat yang merupakan warga Kota Tangerang, pemberian dilaksanakan di Aula Kantor Dinsos Kota Tangerang, Selasa (19/3/2024)

Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani menerangkan, pemberian alat bantu ini merupakan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Tahun 2024 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui Sentra Mulya Jaya Jakarta.

“Kami mengajukan permohonan alat bantu bagi penyandang disabilitas kepada Kemensos Dirjen Rehabilitasi Sosial untuk 117 penerima manfaat. Namun setelah melewati proses verifikasi lapangan, terdapat 100 penerima manfaat yang mendapat alat bantu tersebut,” terangnya.

Ia pun mengungkapkan, penerima manfaat tersebut terdiri dari 43 penyandang disabilitas, 53 orang dengan orang lanjut usia, serta empat anak penerima manfaat. Mereka menerima bantuan pemenuhan kebutuhan berupa 38 kursi roda, 12 alat bantu dengar, tiga kaki palsu, 27 tongkat kaki 4, dua tongkat netra dan lima walker.

“Tak hanya itu, kami juga memberikan bantuan untuk modal wirausaha, seperti berjualan atau membuka jasa pijat, serta pemenuhan hidup layak berupa sembako, dan kebutuhan nutrisi untuk anak-anak penerima manfaat yang sudah terdata oleh Dinsos Kota Tangerang,” imbuh Mulyani.

Sementara itu, Koordinator Pokja Lanjut Usia Sentra Mulya Jaya Kemensos RI Heru Prasetyo menuturkan, program yang menggelontorkan anggaran sebesar Rp43 miliyar untuk 9 kota/kabupaten di Indonesia, salah satunya Kota Tangerang.

“Anggaran tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah, seperti di Kota Tangerang anggarannya sebesar Rp179.449.500 untuk pemenuhan kebutuhan sosial bagi penyandang disabilitas yang telah terverifikasi oleh tim kami di lapangan,” tutur Heru.

Warga penerima manfaat tersebut mengaku sangat bersyukur dan terbantu dengan adanya pemberian alat bantu untuk mereka penyandang disabilitas di Kota Tangerang.

“Alhamdulillah saya bersyukur mendapatkan bantuan kaki palsu gratis dari Dinsos Kota Tangerang. Kebetulan kaki palsu yang saya miliki ini ukurannya sudah kebesaran, jadi tidak nyaman dipakai,” ucap B. Krisnawati D, warga Kecamatan Tangerang yang sudah satu tahun memakai kaki palsu.

“Dengan adanya bantuan alat bantu dengar untuk ibu saya, ini sangat memudahkan ibu saya untuk mendengar lebih baik dari sebelumnya. Kami sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini, karena kami tidak mampu untuk membeli alat bantu dengar untuk ibu saya,” kata Aming, keluarga dari Ratni, penerima manfaat dari Kecamatan Cipondoh. (*).

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *