Peristiwa Kebakaran Pasca Lebaran Meningkat, BPBD Kota Tangerang Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Peristiwa Kebakaran Pasca Lebaran Meningkat, BPBD Kota Tangerang Imbau Masyarakat Tetap Waspada

KOTA TANGERANG, (suarasiber.co.id) – Dalam sepekan pasca libur Lebaran, kasus kebakaran sering terjadi di beberapa wilayah Kota Tangerang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menerima setidaknya satu laporan kebakaran setiap harinya yang diakibatkan dari kelalaian dari penghuninya.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan, periode April 2024 terdapat 10 laporan kebakaran yang terjadi di pemukiman hingga tempat usaha warga Kota Tangerang. Kasus kebakaran semakin sering terjadi pasca libur Lebaran akibat dari mulai hubungan arus pendek, kompor meledak hingga benda-benda mudah terbakar yang diletakkan di tempat yang salah.

“Setelah Hari Raya IdulFitri, kami terus menerima laporan kebakaran rumah yang diakibatkan kelalaian oleh penghuninya. Bahkan adapula laporan kebakaran di tempat usaha yang ada di Kota Tangerang. Tentunya ini menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya, saat dihubungi Kamis (18/4/2024).

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati ketika meninggalkan rumah. Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan penghuni rumah untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Bagi yang akan berpergian meninggalkan rumah, pastikan memeriksa instalasi listrik dan jangan biarkan lampu menyala dalam waktu yang lama. Serta jangan meninggalkan sumber api menyala tanpa pengawasan, seperti kompor, gas, dan alat elektronik lainnya,” terang Maryono.

Selanjutnya, Maryono juga menyarankan agar menghindari penggunaan stop kontak yang bertumpuk-tumpuk. Selain itu, hindari menggunakan handphone saat tidur bahkan meletakkannya di tempat tidur ketika sedang dilakukan pengisian daya.

“Dan yang paling utama ialah jangan membakar sampah di sekitar rumah apalagi saat terik matahari dan angin kencang. Serta apabila terjadi kebakaran hubungi call center 112, atau hotline 021-5582 144,” imbuh Maryono. (*/Yudhi)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *