Pj Gubernur Banten Al Muktabar Lakukan Ground Breaking Pembangunan Gedung Bank Banten

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Lakukan Ground Breaking Pembangunan Gedung Bank Banten

SERANG, (suarasiber.co.id) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar bersama jajaran komisaris dan direksi Bank Banten, Forkopimda, tokoh masyarakat serta tokoh penggagas pendirian Provinsi Banten melakukan ground breaking pembangunan gedung Kantor Pusat Bank Banten, di Jalan Veteran No. 4 Cipare, Kota Serang, Jumat, (14/6/2024).

Dengan adanya kantor pusat yang strategis itu, Al Muktabar berharap operasional Bank Banten bisa lebih meningkat dan menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di Provinsi Banten, salah satunya melalui akses pembiayaan yang disalurkan oleh Bank Banten.

Ke depan Bank Banten akan mengambil penuh seluruh instrumen aktivitas perekonomian di Banten. Baik itu dalam pengembangan usaha masyarakat, pembangunan sampai pengelolaan sumber daya alam yang kita miliki. Yang itu semua bermuara pada satu tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Itulah yang dicita-citakan oleh para sesepuh kita dulu, para penggagas pendirian Provinsi Banten. Ini perjuangan kita bersama,” ucapnya.

Dikatakan, banyak hal yang bisa dioptimalkan oleh Bank Banten kedepan. Tidak hanya pada pengelolaan RKUD Pemda, tetapi Bank Banten juga bisa mengambil peranan yang aktif pada pengembangan sumber daya alam dan pembangunan baik itu yang bersumber dari pembiayaan APBD maupun APBN.

“Saat ini Provinsi Banten menjadi daerah yang tengah berkembang dan mendapat perhatian pemerintah pusat maupun dunia usaha,” kata Al Muktabar.

Maka dari itu, untuk tetap bisa menjaga entitas kebantenan kita, Pemprov membaginya pada dua wilayah besar, Banten utara yang akan dikembangkan menjadi wilayah industri. Sedangkan wilayah selatan tetap dipertahankan pada kawasan agronya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank Banten Rodi Judo Dahoro mengaku sangat antusias dan menyambut baik dengan adanya penyertaan modal yang diberikan Pemprov Banten melalui mekanisme Inbreng atas asetnya yang akan dijadikan Kantor Pusat Bank Banten. Bank Banten sebagai BUMD milik Provinsi Banten benar-benar di suport penuh.

“Saat ini Bank Banten telah hadir di Serang melalui Kantor Cabang Khusus Serang, KCP Kramatwatu dan KCP Palima. Dengan hadirnya kantor pusat Bank Banten di Serang melengkapi seluruh layanan kami dan diyakinkan akan memberikan dampak positif bagi Pemprov Banten, seluruh stakeholder dan lebih optimal melayani masyarakat Banten secara optimal,” jelasnya.

Inbreng ini, menurutnya, merupakan salah satu bentuk penyertaan modal berupa aset dan merupakan bentuk kepedulian Pemprov Banten selaku pemilik Bank Banten. Dengan adanya Kantor Pusat tersebut kami berkomitmen untuk lebih memberikan layanan terbaik bagi pemprov Banten dan masyarakat Banten secara luas.

“Bisnis yang saat ini ada di wilayah Banten diyakini akan terserap lebih cepat, lebih tepat tentunya sejalan dengan kegiatan operasional Bank Banten yang lebih meningkat dimana semuanya tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian Bank serta Good Corporate Governance,” ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Arlan Marzan mengatakan, pembangunan gedung Kantor Pusat Bank Banten ini merupakan program strategis daerah dengan luas bangunan 3.940 meter persegi dari total luas lahan 6.017 meter persegi.

“Untuk tahap awal kita akan bangun tiga lantai. Tapi untuk kekuatan konstruksinya sudah kita siapkan untuk enam lantai. Sehingga nanti ke depan jika diperlukan pengembangan kantor, tidak lagi membutuhkan waktu lama dan biaya yang besar,” ujarnya.

Adapun untuk pembiayaannya, lanjut Arlan, pembangunan gedung ini berasal dari APBD Provinsi Banten TA 2024 sebesar Rp22,64 miliar dengan target penyelesaian pembangunan selama delapan bulan.

(Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Setda Provinsi Banten)

Mari Berbagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *